Bersepeda bikin orang Belanda bahagia - atau karena uang?

Oleh: RNW News Desk, 16 Desember 2010 (photo: flickr/Cyclemania)

Koran AD - Belanda edisi 16 Desember melaporkan bahwa orang Belanda merupakan 'orang terbahagia sedunia", seperti terungkap dalam nilai survey tentang merasa-baik secara internasional. Rahasianya kemungkinan terletak dari kebiasaan mereka bersepeda. Lekker fietsen, kata mereka.

Menurut penelitian, bersepeda membuat anda merasa merdeka dan bebas, dan juga menyenangkan dan murah. Para pesepeda merasakan stres yang lebih sedikit daripada, pengendara motor atau pemakai kendaraan umum, misalnya. Koran itu juga memuat manfaat kesehatan bila bersepeda.

Informasi yang dikutip oleh koran tersebut berasal dari hasil survey biro LRKC yang menyebutkan orang Belanda melakukan perjalanan sejauh hampir 200 miliar kilometer per tahun. Walaupun bersepeda berakibat stress lebih sedikit dibanding alat transportasi lain, 80 persen yang diwawancara tetap memilih bermobil karena kecepatan dan kenyamanannya. Meskipun perjalanan kereta bisa melakukan berbagai hal, hasil survey menyebutkan perjalanan kereta api dianggap sebagai alat transportasi paling membuat stres.

Pendapatan lebih tinggi 

Namun, harian nrc.next Belanda mungkin menggambarkan kunci lebih tepat mengenai kebahagiaan orang Belanda. Orang-orang di Belanda, di atas rata-rata orang terkaya di Uni Eropa. Rata-rata pendapatan orang Belanda 20-30 persen lebih tinggi daripada warga negara Eropa lainnya.

Laporan layanan statistik Eurostat memperlihatkan hanya penduduk Luxembourg yang menikmati pendapatan rata-rata lebih tinggi. Tetapi, menurut koran tersebut, Luxemburg bukan perbandingan yang tepat karena begitu tingginya sektor finansial dan penduduknya yang hanya setengah juta orang.

Comments

Popular posts from this blog

ramadan.in.nl

Perubahan selera humor anda mungkin penanda awal penyakit pikun

Resep Rahasia Coca-Cola 'Bocor' ternyata beralkohol