Makanan Pelawan Kerontokan Rambut


Sabtu, 8/1/2011 | 11:37 WIB
KOMPAS.com - Rambut menipis adalah hal yang menyeramkan bagi perempuan. Tak hanya perlu perawatan luar, asupan juga penting dijaga. Jika Anda mulai melihat rambut-rambut rontok menumpuk di lantai, bantal, lubang air di kamar mandi, maka sudah sebaiknya Anda mulai mencoba mengasup makanan yang menguatkan serta menjaga kulit kepala Anda. Berikut adalah di antaranya:



Ikan, telur, dan kacang-kacangan
Kandungan terutama rambut adalah protein, karena itu, mencoba mengkonsumsi protein akan membantu bagi kesehatan rambut. Tetapi, bukan berarti Anda bisa makan makanan berprotein tinggi sesukanya tanpa melihat kandungan lainnya. Steak, misalnya, kaya akan protein, tetapi juga tinggi lemak. Lemak yang tinggi akan menambah level testosteron, hal ini dipercaya bisa menyebabkan rambut rontok. Jadi, steak adalah makanan yang sebaiknya dihindari agar rambut tidak tambah rontok parah. Pilihlah makanan berprotein yang cukup, seperti ikan-ikanan (yang juga memiliki kandungan lain yang baik untuk tubuh), ayam, hati sapi muda, keju rendah lemak, telur, kacang almon, biji-bijian, dan yoghurt. Susu kedelai dan tahu juga adalah tambahan makanan yang baik untuk ditambahkan, karena kaya akan protein, serta rendah lemak jahat.

Kismis
Zat besi memerankan peran penting dalam memproduksi hemoglobin, bagian dari darah yang membawa oksigen ke seluruh bagian organ tubuh dan jaringan. Saat hemoglobin berada dalam level sehat, oksigen disebarkan dengan baik. Ini berarti, kulit kepala Anda mendapatkan aliran darah yang sehat, dan akan menstimulasi serta membangun rambut sehat. Menambahkan zat besi dalam makanan bukan berarti Anda harus makan hati setiap hari, Anda bisa menambahkan makanan manis, seperti kismis dan jus ceri yang kaya zat besi.

Telur, kurma, kismis, sayuran berdaun hijau tua, dan sereal gandum utuh juga kaya akan zat besi. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, yang bisa didapatkan dari jeruk, stroberi, dan lemon.

Tauge

Tubuh kita menggunakan zat bernama silika (bukan silica gel untuk penyerap lembap dalam tas), untuk menyerap vitamin dan mineral. Jika tubuh kekurangan silika, asupan vitamin yang Anda masukkan setiap hari tidak akan berguna. Silika bisa didapat dari tauge, kulit ketimun, paprika merah dan hijau, serta kentang.

NAD

Editor: Nadia Felicia

Sumber: FOXNews

Comments

Popular posts from this blog

ramadan.in.nl

Perubahan selera humor anda mungkin penanda awal penyakit pikun

Resep Rahasia Coca-Cola 'Bocor' ternyata beralkohol